Lirik Lagu Gundol-gundol Pacol dan Artinya

Arti Lagu Gundol-gundol Pacol - Lagu gundol-gundol pacol adalah sebuah karya seorang wali besar, beliau tinggal di pegunungan Muria, Kudus. Perannya dalam menyebarkan agama Islam sangat besar khususnya di Jawa Tengah, beliau  mendapatkan laqob "Sunan Muria" karena beliau tinggal dan juga di makamkan di gunung Muria, nama aslinya adalah Raden Umar Said. dalam menyebarkan agama Islam, beliau tidak hanya menggunakan metode ceramah dan dakwah tetapi juga melalui tembang-tembang yang mempunyai makna "tablig". salah satunya adalah syair Gundol-gundol pacol, berikut syairnya:








Lirik Lagu Gundol Pacul

lagu gundul pacul

Gundol-gundol pacol-col
Gembelengan
Nyunggi-nyunggi wakol-kol
Gembelengan
Wakol glempang segane dadi seratan
Wakol glempang segane dadi seratan
Penjelasan :
  1. Gundo;-gundol : gundol adalah kepala tanpa rambut,kepala adalah pemimpin sedangkan rambut adalah mahkota. Jadi kita adalah pemimpin yang tidak bermahkota.
  2. Pacol : pacol untuk bertani, bercocok tanam, mengisaratkan tentang tanggung jawab kita -sebagai seorang pemimpin yang membawa pacul- menjaga kelestarian alam dan keberlangsungan kehidupan juga kesejahteraan rakyatnya, pacol mempunyai lempengan besi yang mempunyai empat sudut, menggambarka mata, telinga, hidung, dan mulut. Mata untuk melihat yang baik-baik, telinga untuk mendengarkan hal-hal baik, mulut untuk berbicara yang baik-baik (tidak ghibah), hidung untuk mencium yang baik-baik.
  3. Nyunggi-nyunggi wakol: mengisaratkan bahwasannya kita memikul amanah, amanah untuk beribadah kepada Allah SWT, seperti firman Allah yang artinya "Dan tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah", amanah untuk merealisasikan dengan baik apa yang telah di karuniakan Allah kepada kita.
  4. Gembelengan: jika kita gembelengan (seenaknya).
  5. Wakol glempang segane dadi seratan:mengandung pesan, jika kita tidak amanah  Maka kita akan jatuh dan kita akan kehilangan jati diri kita, sebagai pemimpin.

Arti dari lagu gundol-gundol pacol mengajarkan bahwa setiap orang adalah pemimpin, minimal pemimpin dirinya sendiri, juga mengajarkan kita agar menyampaikan amanah dan tidak seenaknya dalam memimpin maupun mengemban amanah, karena kelak kita akan mempertanggung jawabkan apa yang telah kita perbuat di dunia.

Demikian penjelasan lagu gundol-gundol pacul beserta artinya, Semoga kita semua menjadi orang yang amanah, senantiasa menghadirkan Allah SWT di dalam hati kita dalam kondisi apapun, Amiiin.

Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Lirik Lagu Gundol-gundol Pacol dan Artinya"

Back To Top