MAKALAH NAHWU INNA WA AKHOWATUHA ALFIYAH IBNU MALIK (KHUDLORI)

 

MAKALAH NAHWU INNA WAKHOWATUHA

A.pengertian ان واخواتها (inna wa akhowatuha)

ان adalah salah satu amil (عامل) dari beberapa amil nawashib yang bisa masuk sekaligus mempengaruhi susunan i’rabnya mubtada’ dan khabar. adapun teman-temannya inna (ان) yaitu: ان لكن كان لعل ليت . Inna waakhawatuha (ان واخواتها)mempunyai fungsi, beramal menasabkan mubtada’ (مبتداْ) menjadi isimnya(اسمها) dan merafa’kan khabar(خبر) menjadi menjadi khabarnya(ان) inna.
تنصب ان المبتداْ اسما والخبر # ترفعه كان زيدا ذو نظر
seperti contoh di bawah ini:[1]

1.ان= ان زيدا حاضر زيد حاضر 
Setelah lafal ( زيد حاضر ) kemasukan inna, lafal zaidun (زيد) menjadi isimnya inna, dan di baca nashab menjadi(زيدا) , sedangkan lafal hadlirun(حاضر) tetap di baca rafa’ menjadi khabarnya inna.

2.ان = ان زيدا قائم زيد قائم

3.ليت = ليت الشباب يعود يوما

4.لكن زيد شجاع لكنه ليس بكريم

5.ليت ليت الشباب يعود يوما

6.لعل = لعل الحبيب قادم

B. faedah inna waakhawatuha


Menurut para ulama ahli nahwu, masing-masing dari inna waakhawatuha (ان واخواتها) mempunyai faedah yang berbeda-beda yaitu:
1. inna (ان)mempunyai faedah littaukid/menguatkan suatu pernyataan atau kabar, untuk meyakinkan orang yang di beri kabar.
Contoh:ان عمرا جالس
2.kaanna(كان) mempunyai faedah littasybih (menyerupakan).
Contoh:كان وجه زيد بدر
3. laalla(لعل) dan laita(ليت) mempunyai arti yang sama, tetapi faedahnya berbeda.
a.laalla(لعل) mempunyai 2 faedah yaitu:
- littaraji (للترجى), mengharap sesuatu yang kemungkinan akan terjadi.
ontoh:لعل محبوبى وصل
- litawaqu(للتوقع) , mengharap sesuatu yang benar-benar akan terjadi.
Contoh:لعل زيدا هالك
b. laita (ليت)mempunyai faedah littamann (للتمنى) yaitu, mengharap sesutu yang tidak mungkin akan terjadi atau sesuatu yang kemungkinan akan terjadi.
Contoh:
-tidak mungkin terjadi:
ليت البقرة ذو يدين
kemungkinan kecil terjadi:
ليت لي قنطارا من ذهب
4. anna (ان)mempunyai faedah littaukid(للتوكيد) /menguatkan sesuatu pernyataan atau kabar, untuk meyakinkan orang yang di beri kabar.
Contoh: ان زيدا قائم
5.lakinna mempunyai faeda lilistidrok (menyambung).
contoh: زيد شجاع لكنه ليس بكريم

C.CARA PEMBACAAN HAMZAH INNA

ada 3 cara dalam pembacaan hamzah inna (همز ان) , masing-masing bacaan mempunyai syarat dan tempat-tempat tertentu.

1.wajib di baca fathah (فتح)

-ketika inna(ان) menempati tempatnya masdar yang di rafa’kan oleh fi’il.
Contoh:يعجبني انك قائم asalnya يعجبني قيامك
-ketika inna(ان) menempati tempatnya masdar yang di nashabkan oleh fi’il.
Contoh:عرفت انك حاضر asalnya عرفت حضورك
-ketika inna(ان) menempati tempatnya masdar yang di jerkan oleh huruf jer.
Contoh:عجبت من انك قائم asalnya عجبت من قيامك

2.wajib di baca kasroh(كسرة)

-ketika inna(ان) berada di awal kalimat.
Contoh: ان زيدا قائم
-ketika inna(ان) berada di awal shilah.
Contoh:جاء الذي انه قائم
-ketika inna (ان)menjadi jawabnya qosam, sedangkan khabarnya di masuki lam.
Contoh:والله ان زيدا لقائم
-ketika inna(ان) menempati tempatnya tarkib/susunan hal(حال).
Conotoh: زرت واني ذو امل
-ketika inna (ان)menjadi ma’qul qoul(مقول قول) .
Contoh: قلت ان بكرا حاضر
-ketika inna(ان) berada setelah af’al qulub yang di ta’liq dengan lam.
Contoh: اعلم انه لذوتقا

3.bisa di baca kasroh (كسرة) dan fathah(فتحة)

-ketika inna (ان)berada setelah idzan fajaiyyah.
Contoh:خرجت فاذا ان \ ان زيدا قائم 
-ketika inna (ان)menjadi jawabnya qosam, khabarnya inna (ان) tidak di masuki lam.
Contoh: والله ان \ ان زيدا لقائم
-ketika inna (ان)berada setelah fa’ jaza’.
Contoh:من ياْتني فانه \ فانه مكرم
-ketika inna (ان)berada setelah mubtada’ (مبتداْ) yang berupa ‘’qoul’’ fil ma’na dan khabarnya juga berupa qoul,orang yang mengucapkan satu orang.
Contoh:خير القول اني \ اني احمد

D.CARA/TEMPAT PEMBACAAN NUN PADA LAFAL INNA(ان) DAN ANNA(ان)


Nun pada lafal inna(ان) boleh di baca sukun (سكن) , tetapi nanti amalnya berkurang. Maksudnya, lebih sering tidak beramal menashabkan, tentunya dengan syarat-syarat tertentu.
1.ketika inna di baca takhfif/sukun nunnya, dan tidak di amalkan, maka khabarnya wajib bertemu lam fariqah. 
Contoh:ان زيد لحاضر
2.ketika inna di baca takhfif/sukun nunnya, dan tidak di amalkan, khabarnya boleh tdk bertemu lam fariqoh, ketika sudah di mengerti maksudnya mutakallim.
Contoh:انا ابن اباة الضيم من اْل مالك # وان مالك كانت كرام المعادن
3.ketika anna di baca takhfif/sukun nunnya, maka isimnya wajib berupa dlomir sya’niyang di simpan, dan khabarnya wajib berupa jumlah yang bertempat setelah anna.
Contoh:
4.ketika anna di baca takhfif/sukun nunnya, khabarnya berupa fi’il du’a dan fi’il ghoir munshorif. Maka, menurut pendapat ahli nahwu seyogyanya antara fi’il dan annadi pisah dengan qod,nafi,tanfis,lau.akan tetapi dalam kitab nahwu jarang sekali penggunaan lau.
Contoh:
.ketika kaanna di baca takhfif/sukun nunnya, maka ma’mul manshubnya wajib di buang, boleh di tetapkan akan tetapi qolil atau sedikit berlakunya.
Contoh:

E.INNA WAAKHAWATUHA BERTEMU YA’MUTAKALLIM.


Inna waakhawatuha juga bisa di temui ya’ mutakallim, yang nantinya masing-masing dari inna waakhawatuha ada yang wajib di pisah dengan nun wiqoyah (jika tidak dalam keadaan dlorurat) , ada juga yang boleh dipisah atau tidak di pisah dengan nun wiqoyah.

Ada pun yang wajib di pisah dengan nun wiqoyah yaitu:

-laita.

Contoh:

-laalla.

Contoh:

Sedangkan yang boleh di pisah maupun tidak di pisah terdapat pada selain lafal laita dan laalla, yaitu inna,anna, lakinna,kaanna.

Contoh:
Tag : Makalah
0 Komentar untuk "MAKALAH NAHWU INNA WA AKHOWATUHA ALFIYAH IBNU MALIK (KHUDLORI)"

Back To Top